Bagian Kita Hanya Hari Ini

Juni 24, 2012

Sabtu, 23 Juni 2012

Maha suci Allah yang telah menciptakan waktu untuk kita. Sebuah kata yang mengandung berjuta makna dan tentunya misteri. Misteri karena begitu banyak rahasia yang tak bisa kita ungkapkan di kedalaman waktu.

Ya, satu – satunya yang tidak pernah Allah berikan kepada semua makhluknya ialah kemampuan mengetahui rahasia waktu. Tidak heran kenapa Allah banyak menyinggung waktu dalam Al – Qur’an.

Kita sebagai manusia tentu yang paling merasakan dahsyatnya rahasia waktu. Kita tak pernah bisa mengulang setiap detik waktu yang kita lalui. Satu waktu untuk udara yang kita hembuskan tak kan pernah tak terulang lagi sampai kapan pun. Satu unit waktu yang kita gunakan untuk menggerakkan tubuh ini tak kan pernah terulang lagi seumur hidup. Yups, tak kan pernah terulang kembali hingga kita kembali kepada-Nya.

Karena itu yang menjadi bagian kita hanya hari ini. Sekarang ini. Detik ini. Selebihnya bukan lagi bagian kita. Yang telah lewat walau baru sesaat kita sebut masa lalu. Yang akan datang walau hanya seperdetik lagi kita sebut masa depan dengan segala ketidak tahuan kita apa yang ada di sana.

Bagian kita hanya hari ini. Untuk itu mari kita berkarya dan beramal sebanyak mungkin. Masih pekerjaan yang mesti kita selesaikan dari pada hanya menghabiskan waktu yang berharga ini untuk berteori, berlogika atau bahkan berdebat dan bertengkar. Bukan berarti tidak penting tetapi memeras waktu hanya untuk itu semua tentu sangat sia-sia. Di media sering kita lihat, Bangsa ini bukan kekurangan orang yang cerdas dan pintar berkata – kata, namun Bangsa ini masih butuh lebih banyak orang yang mau bekerja. Sehingga kita pernah mendengar sebuah lelucon, orang Indonesia lain yang dibicarakan lain pula yang dikerjakan. Semoga ini tidak lebih dari hanya sebuah lelucon…

Untuk itu, mari kita bekerja dan berkarya dimana pun kita berada. Dengan atau tidak ada pun amanah yang kita emban. Toh, nyawa yang Allah berikan juga merupakan amanah. Mari kita berbuat sebanyak mungkin kebaikan untuk orang – orang di sekitar kita. Mari kita luangkan pikiran kita untuk melayani dan membantu orang – orang di Lingkungan kita. Jangan pedulikan apakah mereka mengetahui atau merasakan apa yang kita beri. Karena tujuan kita bukan pujian atau penghargaan mereka, melainkan kado indah yang sudah Allah siapkan disana.

Jangan terlalu banyak berkeluh kesah atau berdongkol hati karena waktu yang kita pakai untuk itu semua akan berlalu dan tak kan pernah kembali. Sungguh terlalu berharga sang waktu yang kita gunakan hanya untuk itu. Karena sekali lagi, ia tak pernah kembali.

Mari berkerja dan berkarya dengan sungguh-sungguh dari kedalaman hati. Karena dengan begitu sepahit dan sesulit apa pun jalan yang kita tapaki akan terasa indah. Dengan kesungguhan waktu – waktu yang kita lalui akan menjadi kenangan indah yang tak pernah kita lupakan. Ia akan menjadi kenangan indah yang tersimpan rapi di sudut hati kita.

Mari kita jadikan waktu yang kita lalui menjadi permata indah dalam hidup kita. Sungguh membahagiakan jika semua waktu yang kita lalui merupakan kenangan indah penuh kebaikan berbingkai pahala.

Karena BAGIAN KITA HANYA HARI INI…

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images